Senin, 25 Agustus 2014

Mengatasi masalah "Why i can't get Help from this program?" pada Windows Vista keatas

Pernahkah anda mengalami kesulitan dalam membuka Help pada program tertentu di dalam Windows Vista, 7, atau 8? Tenang, jangan buru-buru sedih atau menginstall ulang Windows anda ke Windows XP :) Disini saya akan berikan solusi dari permasalahan yang anda alami saat ini.

Ilustrasi help error pada Windows 7

Mungkin diantara kita ada yang berpikir, mengapa rasanya sangat berbeda dengan Windows XP, fitur Help pada Windows 7 sama sekali tidak dapat digunakan untuk program yang lama seperti Microsoft Office 2002 atau Borland C++ 5.5?

Disini saya akan sedikit penjelasan, sebenarnya, pada program berbasis 32-bit keluaran lama (seperti Borland C++ 5.5), program tersebut memberi fitur help-nya dengan menggunakan file yang berekstensi .hlp dan memanfaatkan file sistem Windows yang bernama winhlp32.exe untuk membuka file help tersebut. Jika kita meng-klik menu File, Help, lalu Help Contents pada program tersebut, sebenarnya yang dilakukannya adalah perintah untuk membuka file .hlp pada program tersebut, dan kemudian Windows secara otomatis mengeksekusi file winhlp32.exe untuk membuka file .hlp tersebut. Keberhasilan untuk membuka file .hlp sangat bergantung dengan keberadaan file winhlp32.exe tersebut

Perhatikan kedua gambar di bawah ini. Berikut adalah perbedaan dari 2 filesize dari winhlp32.exe

Berikut adalah filesize dari winhlp.32 di Windows XP

File winhlp32.exe diatas berukuran 277KB. Ukuran tersebut adalah ukuran yang wajar untuk membuat program yang portable di masanya.
Dan kemudian coba bandingkan dengan file winhlp32.exe dari Windows 7 di bawah ini

Dan ini adalah filesize dari winhlp.32 di Windows 7

File winhlp32.exe diatas berukuran 9,50KB. Nah disini sudah ketahuan biang kerok dari permasalahan error-nya fitur help untuk program keluaran lama jika dijalankan di Windows 7.

Jika dilihat dari ukurannya yang sangat kecil, maka disini sudah ketahuan kalau file winhlp32.exe di Windows 7 bukan untuk membuka file .hlp yang disediakan dari program-program keluaran lama, namun hanya sebuah pointer untuk membuka fitur help yang baru pada Windows 7 dan hanya untuk menampilkan error yang menyatakan "Why i can't get Help from this program?".

Solusi dari permasalahan ini adalah:
1. Download file winhlp32.exe milik Windows XP disini;
2. Ambil alih Owner dari file winhlp32.exe di C:\WINDOWS\ (Ubah dari TrustedInstaller menjadi Administrators)(Detail langkah akan segera di-posting)
3. Jika Owner sudah diambil alih, timpa file winhlp32.exe yang sudah ada dengan yang baru di-download ke C:\WINDOWS

File winhlp32.exe di C:\WINDOWS

4. Kemudian letakkan file ftsrch.dll di folder C:\WINDOWS\system32\ (File ini berguna untuk mengaktifkan fitur Microsoft Full-Text Search yang berguna untuk mencari topik help dengan bantuan kata kunci)

File ftsrch.dll di C:\WINDOWS\system32

5. Dan coba buka kembali fitur help dari program lama anda dan lihatlah hasilnya!!!

Sekian penjelasan dari saya dan semoga bermanfaat.

(Note: Trik ini berlaku di Windows 32-Bit maupun 64-bit).
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar